• 02182603550 Hotline:082111852189-085213835168
  • info@cwe.ac.id

D4 - Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan

VISI
“Menjadi Program Studi Vokasi Unggul dan Terkemuka di Bidang Pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan Tingkat Regional dan Nasional pada Tahun 2025”.

MISI
a. Melaksanakan pendidikan pada tingkat diploma pada bidang pertanian khususnya perkebunan.
b. Komitmen pada pendidikan dan pengajaran berkualitas untuk menghasilkan lulusan terbaik yang dapat mendukung upaya peningkatan pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan serta mampu mengembangkan bisnis pertanian.
c. Mengimplementasikan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi pertanian, khususnya Budidaya Tanaman Perkebunan guna mendukung pencapaian ketahanan pangan nasional. 

TUJUAN
Tujuan Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan adalah memberikan dan membekali para mahasiswa dan alumninya berbagai kompetensi/keahlian vokasional yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan standar dunia kerja baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional, termasuk tuntutan pasar kerja tentunya. Adapun tujuan tersebut tentunya merupakan penjabaran dari visi dan misi Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan.

Tujuan prodi diantaranya:
a. Berperan secara aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan maupun seni di bidang pertanian, khususnya perkebunan.
b. Meningkatkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan, maupun seni di bidang pertanian, khususnya perkebunan melalui penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran vokasional, penelitian terapan maupun pengabdian kepada masyarakat yang secara keseluruhan diperuntukan bagi terwujudnya ketahanan pangan.
c. Meningkatkan mutu fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran untuk mewujudkan suasana akademik yang kondusif, aman, nyaman dan asri, serta bermanfaat bagi sivitas akademika khususnya di unit kerja Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan.
d. Meningkatkan produktivitas dan mutu luaran yang mandiri dan berwawasan global, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan pembangunan di bidang pertanian lebih khusus perkebunan yang berkelanjutan, dalam mendukung tercapainya ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat.
e. Membangun jejaring dan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan pihak luar khususnya pemerintah, dunia usaha dan industri, serta perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmu pengetahuan, dan teknologi, dan lembaga/instansi lainnya yang terkait di bidang pertanian, khususnya perkebunan baik dalam maupun luar negeri untuk terwujudnya Motto Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan “Unggul, Terdepan, dan Berkelanjutan”.

PROFIL LULUSAN
a. Manajer bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang memiliki integritas.
b. Peneliti bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inovatif, terapan dan berkelanjutan.
c. Pendidik bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inspiratif.
d. Penyuluh bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang komunikatif dan kreatif.
e. Pengusaha bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang berwawasan lingkungan.

 

Ingin lebih tahu mengenai apa itu D4 (Sarjana Terapan) silahkan baca DISINI.

  • Diposting Oleh Administrator
  • Diposting Tanggal 07 Januari 2019