• 02182603550 Hotline:081296258989-082111852189
  • info@cwe.ac.id
Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi

LPPM

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (LPPM)

POLITEKNIK KELAPA SAWIT CITRA WIDYA EDUKASI

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi mengemban dua fungsi sekaligus, sebagai lembaga penelitian dan lembaga pengabdian. Sebagai lembaga penelitian, LPPM memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah dan tantangan. Hal ini didasari pemahaman bahwa setiap keputusan ataupun kebijakan yangbaik dan berdasar pasti membutuhkan proses penelitian lebih dahulu. Sebab, proses penelitian akan membantu memecahkan masalah secara terstruktur dengan logika berpikir yang benar. Di dalam sebuah penelitian pasti melalui tahapan investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu.

Penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. Perhatian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang melahirkan suatu pertanyaan atau masalah. Disinilah peran penting itu terjadi. Berangkat dari pertanyaan atau masalah itulah kemudian lahir sebuah pengetahuan yang bermanfaat sebagai jawaban dari pertanyaaan dan masalah yang timbul.

Adapun pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi diartikan sebagai pengamalan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh perguruan tinggi secara melembaga melalui metode ilmiah langsung kepada masyarakat (di luar kampus yang tidak terjangkau oleh program pendidikan formal) yang membutuhkannya, dalam upaya menyukseskan pembangunan dan mengembangkan manusia pembangunan.

VISI

LPPM menjadi unit akademik berkualitas internasional dalam mengabdikan ilmu dan teknologi yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, proses pengajaran, pengembangan komunitas dan kemajuan kualitas hidup manusia.

MISI

  1. Mengembangkan sumber daya pendidikan dan pengajaran di kampus dan masyarakat umumnya melalui penelitian dan pemanfaatan hasil penelitian dan teknologi terapan.
  2. Mengembangkan unit-unit kajian akademik di lingkungan Politeknik yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional, regional, dan internasional.
  3. Menghasilkan penelitian dan kajian-kajian akademik berkualitas yang memberikan dampak pada kebijakan kampus dan publik, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  4. Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian melalui seminar, lokakarya, publikasi jurnal, dan media lainnya sehingga mencapai sasaran seluas-luasnya.
  5. Mengembangkan berbagai modul pelatihan untuk mengembangkan tenaga peneliti dan pengabdian masyarakat yang handal dan berkualitas.
  6. Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat yang profesional, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, dan teruji.

FUNGSI :

 Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan darma penelitian dan pengabdian pada masyarakat di tingkat Politeknik maupun di masing-masing Program Studi.

SASARAN :

  1. Terwujudnya pelaksanaan darma penelitian dan pengabdian masyarakat oleh sivitas akademika, baik yang dibiayai oleh Politeknik ataupun pihak lain;
  2. Terealisasinya penerbitan/publikasi hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika;
  3. Terpenuhinya kebutuhan kegiatan dan publikasi penelitian oleh para dosen yang diperlukan untuk pemenuhan persyaratan jabatan akademik.

URAIAN TUGAS-TUGAS POKOK :

  1. Mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh unit-unit pelaksana akademik di lingkungan Politeknik;
  2. Meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya dosen, mahasiswa dan staf penunjang dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan program penjaminan mutu Politeknik;
  4. Meningkatkan relevansi IPTEKS terapan yang inovatif yang mampu membangun jiwa kewirausahaan masyarakat luas;
  5. Menghasilkan produk dan jasa yang berbasis IPTEKS agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan masyarakat;
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan instansi pemerintah dan swasta untuk menunjang pelaksanaan otonomi daerah dan pembangunan nasional;
  7. Memutuskan kelayakan topik dan anggaran penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  8. Menentukan kebijakan koordinasi satu pintu dalam berhubungan dengan pihak/institusi luar yang terkait dengan pengajuan proposal kegiatan penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat dan/atau bentuk lainnya;
  9. Mengadakan kompetisi dan memberikan penghargaan atas karya-karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  10. Mengupayakan kemandirian dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kelembagaan training dan konsultasi manajemen yang berorientasi mutu dan kemampuan bersaing secara nassional, regional, dan internasional.

  • Diposting Oleh Administrator
  • Diposting Tanggal 01 Maret 2017