• 02182603550 Hotline:081296258989-082111852189
  • info@cwe.ac.id
Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi

D3- Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit

PROFIL PRPGRAM STUDI TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

Hasil-hasil dari kebun harus diolah di pabrik agar menjadi produk bernilai tambah tinggi. Pabrik adalah bagian penting dalam rantai nilai (value chain) pemrosesan kelapa sawit hingga bisa menjadi produk yang dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi masyarakat luas. Di pabriklah, Tandan Buah Segar (TBS) akan diolah untuk mendapatkan Crude Palm Oil (CPO) dan kernel yang optimal.

Melihat pentingnya pengolahan kelapa sawit yang benar berdasarkan standar industri modern, membuat Politeknik Kelapa Sawit CWE membuka Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit.

Di program studi ini, calon siswa akan digembleng untuk menjadi orang-orang yang piawai dan mumpuni di pabrik pengolahan kelapa sawit. Di sini, siswa dididik menjadi orang-orang yang paham bagaimana menjalankan proses pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit sesuai standar industri modern dan bisa menghasilkan produk olahan kelapa sawit bermutu tinggi.

Untuk menunjang komitmen tersebut, di program studi ini, siswa akan mempelajari aspek-aspek berikut, yang nota bene sangat vital bagi proses pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit: maintenance & service, quality control, water treatment, waste management, heavy equipment, dsb. Dengan ilmu yang dipelajarinya, dengan 116 SKS, yang terdiri dari 49 SKS teori dan 67 SKS praktek, mahasiswa akan menguasai bagaimana mengolah hasil kebun secara baik dan benar.

Visi

Visi dari program studi ini adalah : Mewujudkan program studi yang berkualitas dalam menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing dan berjiwa wirausaha disertai dengan kemampuannya untuk membina hubungan sosial yang lebih baik dengan masyarakat perkebunan dan memiliki wawasan teknologi yang prima dalam mengolah hasil perkebunan kelapa sawit untuk produk unggul yang memiliki daya saing tinggi sebagai kualitas ekspor.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara mandiri dan profesional dalam pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit melalui teknologi tepat guna yang berwawasan wirausaha sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.
  • Menghasilkan lulusan yang peduli terhadap perkembangan ilmu dan teknologi melalui pengembangan penelitian-penelitian terapan dalam teknologi pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit.
  • Menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan yang mampu membina hubungan sosial yang baik dengan masyarakat perkebunan dalam upaya meningkatkan hasil perkebunan kelapa sawit yang secara ekonomis menguntungkan.

  • Diposting Oleh Administrator
  • Diposting Tanggal 01 Maret 2017