• 02182603550 Hotline:081296258989-082111852189
  • info@cwe.ac.id
Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi

D3- Manajemen Logistik

PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN LOGISTIK

Penguasaan sektor hulu dan pemrosesan di pabrik adalah hal penting bagi industri kelapa sawit. Namun, buat perusahaan-perusahaan yang ingin unggul di industri ini, mereka juga harus menguasai sektor yang vital: manajemen logistik yang terpadu, mulai dari pengelolaan bahan baku, supply chain, distribusi hingga pemasaran.

Mereka yang menguasai aspek ini secara terintegrasi, berpotensi menjadi pemenang di industri kelapa sawit yang selain padat modal, juga dikenal sebagai industri yang sangat dipengaruhi cuaca serta iklim. Penguasaan dari sisi logistik dalam rantai nilai industri kelapa sawit, akan memudahkan perusahaan melakukan pemrosesan hasil kebun secara maksimal, dan dijual ke pasar dengan harga optimal.

Menyadari pentingnya dukungan aktivitas logistik yang terintegrasi bagi kesuksesan perusahaan kelapa sawit, Politeknik Kelapa Sawit CWE pun mendirikan Program Studi Manajemen Logistik. Di program studi inilah siswa dididik memahami manajemen logistik mulai dari purchasing, sampai warehousing.

Akan tetapi, program studi ini terbilang istimewa. Yang membuat istimewa adalah siswa yang mengambil program studi ini bukan hanya akan memahami manajemen logistik di industri kelapa sawit, tapi dunia logistik secara umum. Alhasil, siapapun yang masuk program studi ini, kelak dia bisa berkiprah bukan hanya di industri kelapa sawit, tapi juga di industri apapun yang di dalamnya terkandung aktivitas manajemen logistik.

Untuk memenuhi harapan di atas, siswa program studi ini akan mempelajari hal-hal berikut, diantaranya: material management, distribution & transportation, procurement, supply chain management, dsb. Dengan 115 SKS, yang terdiri dari 59 SKS teori dan 56 SKS praktek, siswa akan belajar tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan logistik agar proses dari pengelolaan kebun dan pabrik dapat berjalan efektif serta efisien.

Visi :

Visi dari program studi ini adalah : Menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga ahli tingkat ahli madya yang berdedikasi tinggi dan kompeten dalam bidang manajemen logistik secara terstandar.

Misi :

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan pendekatan competency-based training dan production-based training dalam bidang logistik.
  • Menyediakan tenaga ahli tingkat ahli madya yang berdedikasi tinggi dan kompeten dalam bidang manajemen logistik secara terstandar dan terintegrasi (integrated logistics)
  • Menyediakan tenaga ahli tingkat madya yang siap menjadi wirausahawan dalam bidang logistik.
  • Melakukan pengembangan manajemen logistik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk supply logistics agar proses dari pengelolaan kebun dan pabrik dapat berjalan efektif dan efisien.
 

  • Diposting Oleh Administrator
  • Diposting Tanggal 01 Maret 2017